Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share)

Authors

  • Ahmad Syafi’i MTs As’adiyah Uloe
  • Sahri Bulan MTs As’adiyah Uloe

Keywords:

Hasil Belajar, Fikih, TPS (Think, Pair, and Share)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan hasil belajar Fikih pada Siswa kelas VII D di MTs As’adiyah Uloe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kelas (classroom action research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, tes, dan dokumentasi, sehingga teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif (mix methods). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Rata-rata nilai siswa kelas VII D pada mapel Fikih di siklus I ialah 66. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 28%, sedangkan yang tidak tuntas hasil belajarnya ialah 72%. Artinya, 13 dari 18 siswa tidak tuntas hasil belajar Fikih. Dapat dipahami bahwa penggunaan model pembelajaran tipe TPS (Think, Pair, and Share) belum dapat meningkatkan hasil belajar Fikih pada Siswa kelas VII D di MTs As’adiyah Uloe, karena belum memenuhi KKM yakni 73. 2) Rata-rata nilai siswa kelas VII D pada mapel Fikih di siklus II ialah 83. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa ialah 89%, sedangkan yang tidak tuntas hasil belajarnya ialah 11%. Artinya, hanya 2 siswa yang tidak tuntas hasil belajar Fikih. Dapat dipahami bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, and Share) dapat meningkatkan hasil belajar Fikih pada siswa kelas VII D di MTs As’adiyah Uloe, karena nilai rata-rata hasil belajar siswa telah memenuhi KKM yakni 73.

References

Departemen Agama RI. Al-Jumanatul ‘Ali: Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: J-Art, 2004.

Fahrozi, Marwan. “Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI di MI Al-Khairiyah Kaliawa Bandar Lampung”. Skripsi. Lampung: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan, 2018.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Hamdayama, Jumanta. Metode dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Hanapiah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Raja Aditama, 2009.

Huda, Miftahul. Metode-metode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.

Hulobova, Renata. “Improving in Quality of Teaching by Modern Teaching Methods”. Problems of Education in the 21st Century 25, (2010).

Idris, Abdul Fatah dan Abu Ahmadi. Terjemahan Fiqih Islam Lengkap. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.

Khodijah, Nyayu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

Rollnick, Marissa dan Elizabeth Mavhunga. “The Place of Subject Matter Knowledge in Teacher Education”. International Handbook of Teacher Education 5 (2016). DOI:10.1007/978-981-10-0366-0_11.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016.

Suryani, Erna. “Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram”. Jurnal Kependidikan: Jurnal hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Bidang Pendidikan 4, no. 2 (2018).

Wijaya, Candra dan Syahrum. Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Penelitian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Cipta Pustaka, 2013.

Winantara, I W Daniel dan I Nyiman Laba Jayanta. “Penerapan Model Pembelajaran TPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Mengwitani”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 1 (2017).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Syafi’i, A. ., & Bulan, S. . (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fikih pada Siswa Kelas VII D di MTs As’adiyah Uloe Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think, Pair, and Share). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 110–118. Retrieved from https://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/78

Issue

Section

Articles