Perkembangan Pendidikan Islam Masa Awal di Jawa (Lembaga Dan Tokonya)

Authors

  • Hariadi Mahasiswa Program Doktor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI) DDI Makassar
  • A.Muhammad Saleh Alwi Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) DDI Makassar

Keywords:

Pendidikan Islam, Masa Awal, Jawa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pendidikan Islam masa awal di Jawa ( lembaga dan tokohnya). Kedatangan Islam di tanah Jawa ditandai dengan ditemukannya makam Fatimah binti Maemun Pada tahun 1082 M di Leran, Gresik, Jawa Timur. Selain itu, kedatangan Islam di tanah Jawa tidak dapat dipisahkan oleh peran tokoh atau ulama yang kemudian dikenal dengan istilah wali songo yang terdiri dari Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Gunung Jati, Sunan Drajat, Sunan Kudus, Sunan Muria. Dengan Menggunakan cara-cara dakwah yang lembut dan damai sehingga Islam tidak dipandang sebelah mata sebagai ancaman terhadap agama lain, yaitu melalui sapaan budaya melalui media massa kesenian seperti wayang, gamelan, lagu jawa dan upacara adat digabungkan dengan ajaran Islam. Selain itu, sosialisasi dilakukan melalui pendidikan menuntut ilmu dan mendidik dengan mendirikan pesantren tempat pertemuan bagi orang-orang yang terlibat dalam penyebaran Islam di wilayah tersebut Jawa dan lingkungannya. Ini juga termasuk pendirian kerajaan-kerajaan Islam di Jawa Faktor-faktor penyebaran Islam di Jawa, seperti Kerajaan Demak, Kerajaan Cirebon,Kerajaan Banten, Kerajaan Pajang. Implikasi Penelitian: Pendidikan yang di kembangkan oleh para wali songo pada masa awal di Jawa sangatlah berdampak besar bagi masyarakat sekitar, hingga saat ini pesantren yang menjadi salah satu basis peradaban banyak melahirkan generasi yang berjiwa spiritual tinggi serta intelektual muslim. Tak hanya pesantren perguruan tinggi juga sangat berkembang di daerah jawa. Maka Inilah yang tentunya yang menjadi pusat perhatian bagi para cendekiawan maupun intelektual muslim untuk bagaimana keluar untuk mengembangkan pendidikan yang ada di luar jawa sehingga ada kemerataan pendidikan Islam di Indonesia.

References

https://inisumedang.com/mengenal-sejarah-singkat-wali-songo-tokoh-penyebar-islam-di-pulau-jawa/.Di akses pada tanggal 9 Okteber 2022 Pukul 14:47 Wita.

https://media.neliti.com/media/publications/89856-ID-telaah-historis-pertumbuhan-pusat-pendid.pdf.Di akses pada tanggal 9 Okteber 2022 Pukul 13:00 Wita.

Nasution Abdusima, Manajemen Pendidikan islam mengulas esensi dan struktur pendidikan, (Jakarta, Guepedia, 2000).

Nata Abuddin, Pendidikan Islam Di era milineal, Cet I, (Jakarta, Kencana, 2020).

Rojikin, Modul Menunggalim islam jawa spectrum multikulturalisme islam kontemporer.

Ramayulis , Sejarah Pendidikan Islam , (Jakarta : Kalam Mulia, , 2011).

Setiawan Farid, Kebijakan pendidikan muhammadiyah 1911-1942, Cet I,(Yogyakarta, UAD Press, 2021).

Zuharini dkk, Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2008).

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Hariadi, H., Yusuf, M. ., & Alwi, A. S. . (2022). Perkembangan Pendidikan Islam Masa Awal di Jawa (Lembaga Dan Tokonya). Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 81–86. Retrieved from http://ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/77

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.